='#efefef' name='theme-color'/> Kabar MENPAN BKN Mengenai Pengumuman Dan Formasi CPNS 2018 - BERITA DESA -->

Kabar MENPAN BKN Mengenai Pengumuman Dan Formasi CPNS 2018

formasi cpns 2018


Setalah kemarin dibahas bocoran MENPAN tentang informasi CPNS 2018, akhirnya sekarang kabar tersebut sudah mulai ada kepastian dan harapan untuk calon pendaftar semuanya, walaupun berita secara resminya belum diterbitkan oleh pemerintah melalui MENPAN.

Yang menjadi kabar CPNS 2018 disini yaitu:

Pengumuman Formasi CPNS 2018

Dalam berita sebelumnya bahwa PEMBUKAAN PENDAFTARAN CPNS 2018 akan dilaksanakan setelah PILKADA serentak 27 Juni 2018 selesai dilaksanakan, yaitu sekitar akhir Juni 2018. Dan melalui wawancara terhadap pihak terkait penerimaan CPNS 2018 maka didapatkan posisi penyelenggaraan CPNS saat ini yaitu,

“Sampai saat ini, perhitungan kebutuhan CPNS di pusat dan daerah belum selesai dilakukan,” tegas Ridwan.

Begitulah kira-kira menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadi ada kabar baru mengenai kapan penyelenggaraan CPNS 2018 yakni akhir Juni hingga awal Juli 2018, atau tepatnya setelah Idul Fitri dan juga Pilkada.

Karena diharapkan CPNS baru nantinya akan memberikan kualitas pekerjaan lebih baik lagi, untuk metode penjaringannya menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang bersifat akuntabel dan terbuka.

Diharapkan baik penjaringan CPNS tahun-tahun sebelumnya maupun di tahun 2018 ini calon ASN atau CPNS haruslah mereka yang dapat bekerja secara :
1.                  Profesional,
2.                  Berwawasan global,
3.                  Menguasai teknologi informasi dan bahasa asing,
4.                  Memiliki daya hospitality,
5.                  Entrepreneurship,
6.                  Networking,
7.                  Memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas

Berdasarkan data keseluruhan PNS yang ada saat ini, yaitu sekitar 4,3 juta lebih, didominasi oleh formasi guru baru kemudian tenaga pelaksana/adm sebanyak 1,6 juta (38 %).


Bidang yang akan dijaring dalam CPNS 2018

Dalam pembahasan sebelumnya masih belum ada kepastian mengenai apa saja bidang kompetensi yang ada dalam penjaringan CPNS 2018. Sebagai prioritas, berikut ini adalah bidang-bidang tersebut:
  1. Tenaga pendidikan dan kesehatan,
  2. Tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Yang dibutuhkan oleh pemerintah saat ini adalah spesialisasi keahlian, agar nantinya dalam waktu bekerja bisa berjalan baik sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.

Penerimaan CPNS 2018 Wajib Linier Sesuai Kompetensi Yang Dimilikinya

Untuk menghasilkan CPNS dengan kualitas yang baik maka perekrutan akan dilakukan sesuai dengan bidangnya masing-masing, jika di waktu dulu ada ditemukan sarjana hukum menjadi pegawai di dinas pendidikan misalnya, maka di tahun ini hal yang demikian tidak akan terjadi.

"Jadi saya dengan tim sekarang tidak mau lagi menerima sarjana teknik sekian orang. Nah kami mau teknik itu teknik apa saja, ditempatkan di unit kerja mana," Jelas Menpan.

"Contohnya misal untuk formasi guru, guru SD di mana, guru SMP di mana, gitu. Jadi tidak ada alasan nanti. Ya mungkin diberlakukan mungkin 5 tahun baru dia pindah," Tambahnya.

Pelaksanaan CPNS 2018

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa pelaksanaannya yang pasti adalah Pasca Pilkada artinya akhir Juni ataupun awal Bulan Juli 2018.

"Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Namun sampai hari ini Pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu hoax,” ujar Ridwan, Jumat (25/5/2018), sebagaimana dikutip dari laman resmi BKN, Bkn.go.id.


Lebih lanjut bisa cek di Tanggal Pelaksanaan CPNS 2018 kemudian Download Formasi CPNS 2018 baru masuk ke Formulir CPNS Daerah 2018, terima kasih.

0 Response to "Kabar MENPAN BKN Mengenai Pengumuman Dan Formasi CPNS 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel