='#efefef' name='theme-color'/> Contoh Makalah Analisis Surat Keputusan (SK) - BERITA DESA -->

Contoh Makalah Analisis Surat Keputusan (SK)

surat keputusan


Surat keputusan adalah sebuah ketetapan yang dibuat oleh organisasi tertentu dalam bentuk tertulis yang berdasarkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Surat keputusan bersifat konkret, individual dan final. Oleh karena itu dalam prosesnya pembuatan surat keputusan langsung ditujukan kepada pihak yang dimaksud dan tidak disebarluaskan secara umum. 

Surat keputusan sendiri sudah tidak asing didengar, terlebih bagi para pegawai atau seseorang yang mengikuti organisasi maupun perkumpulan lainnya. Bagi organisasi pembuatan surat keputusan dirasa tidak berat dan tentunya sering dilakukan. Namun bagi organisasi yang baru hal ini tentunya akan sulit dan perlu melihat contoh pembuatan. 

Surat keputusan dibuat tentunya memiliki tujuan dan fungsinya agar tujuan utama dari pembuatan surat tetap ada serta berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini mari kita simak analisi mengenai contoh makalah analisis surat keputusan.



ANALISIS
SURAT KEPUTUSAN
KEPALA DESA ............... KECAMATAN ...............
KABUPATEN ...............

TENTANG
PEMBENTUKAN PENGURUS KARANG TARUNA
DESA ............... KECAMATAN ...............
KABUPATEN ............... PERIODE TAHUN ...............








Oleh:
...............
NPM : ...............

PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN



_______________________________________________________________________________



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Syukur Alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas penulis ucakan kepada Allah SWT, yang karena bimbinganNyalah maka penulis bisa menyelesaikan sebuah Analisis Surat Keputusan Kepala Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... Tentang Pembentukan Pengurus Karang Taruna Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... Periode Tahun ................
Selanjutnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak ............... selaku Dosen Mata Kuliah Hukum Tata Pemerintahan karena telah memberikan bimbingan dan arahannya sehingga penulis dapat menyelesaikan analisis ini. Meskipun penulis berharap isi dari analisis ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar kedepannya penulis dapat membuat analisis yang lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap agar analisis ini bermanfaat bagi semua pembaca. 
Terima kasih,


..............................
Penulis,


...............
NPM. ...............




______________________________________________________________________________


ANALISIS
SURAT KEPUTUSAN KEPALA DESA ...............
KECAMATAN ............... KABUPATEN ...............
TENTANG
PEMBENTUKAN PENGURUS KARANG TARUNA
DESA ............... KECAMATAN ...............
KABUPATEN ............... PERIODE ...............

Karang Taruna merupakan organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang mampu menampilkan karakternya melalui cipta, rasa, karsa dan karya dibidang kesejahteraan sosial. Untuk itulah perlu dibentuk kepengurusan Karang Taruna yang selama ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI No. 85/HUK/2005 perlu disesuaikan dengan Peraturan Menteri Sosial RI No. 77/HUK/2010. Oleh karena itu berdasarkan Peraturan Menteri tersebut diatas perlu menetapkan pembentukan pengurus Karang Taruna Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... periode Tahun ............... dengan Keputusan Kepala Desa ................
Mengingat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah; Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial; Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 25/HUK/2003 tentang Pola Pembangunan Kesejahteraan Sosial; Peraturan Menteri Sosial Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Bahwa Karanga Taruna secara bersama-sama dengan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat lainnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial. Yang dimaksud disini adalah:
1.        mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
2.        menyelenggarakan pemberdayaan sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
3.        meningkatkan usaha ekonomi masyarakat;
4.        membimbing setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Keorganisasian Karang Taruna berada di Desa/Kelurahan yang diselenggaraan secara otonom oleh warga Karang Taruna setempat. Pengurus Karang Taruna dipilih secara musyawarah dan mufakat oleh Warga Karang Taruna setempat. Kepengurusan Karang Taruna Desa/Kelurahan dan dikukuhkan oleh Keputusan Kepala Desa/Lurah setempat dengan masa bakti 3 tahun dan dapat dipilih kembali untuk yang kedua kalinya.
Keuangan Karang Taruna bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) dan sumber lain yang sah. Adapun sumber lain yang sah disini adalah :
1.        iuran warga karang taruna;
2.        usaha sendiri yang diperoleh secara sah;
3.        bantuan masyarakat yang tidak mengikat;
4.        bantuan/subsidi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

YANG MENGELUARKAN SK ITU ADALAH

Kepala Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... dengan memperhatikan Keputusan Bupati ............... Nomor ............... tentang Pembentukan Pengurus Karang Taruna Kabupaten ............... periode ............... dan Surat Bupati ............... Nomor ............... tanggal ............... tentang Reorganisasi Karang Taruna.

SK INI DITUNJUKAN KEPADA

Pengurus Karang Taruna Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... yang nama-namanya tercantum dalam lampiran Keputusan Kepala Desa ............... Nomor ............... Tanggal ...............

SIFAT SK INI MENGIKAT KE DALAM

Karena Pengurus Karang Taruna mempunyai tugas pokok dan fungsi menanggulangi dan meningkatkan kesejahteraan sosial di lingkungannya yaitu, Desa ............... Kecamatan ............... Kabupaten ...............


PENUTUP

Demikian yang dapat penulis paparkan mengenai analisis Surat Keputusan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman untuk memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya analisis ini dan penulisan analisis di kesempatan-kesempatan berikutnya.
Semoga analisis ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.


0 Response to "Contoh Makalah Analisis Surat Keputusan (SK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel