='#efefef' name='theme-color'/> Laporan Kelompok KKN - BERITA DESA -->

Laporan Kelompok KKN

KKN


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. 

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikanpenelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Dibawah ini disajikan contoh laporan KKN untuk bersama-sama kita analisis.



KULIAH KERJA NYATA (KKN)
KELOMPOK KKN DESA ................
KECAMATAN ................
KABUPATEN ................

LAPORAN
 
  




Disusun oleh :
Kelompok KKN Desa ..............
1.
..............
9.
..............
2.
..............
10.
..............
3.
..............
11.
..............
4.
..............
12.
..............
5.
..............
13.
..............
6.
..............
14.
..............
7.
..............
15.
..............
8.
..............




PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN



=========================================================

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Syukur Alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas kami ucakan kepada Allah SWT, yang karena bimbinganNyalah maka kami dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu tugas yang diberikan lembaga untuk tugas kelompok. Laporan dilanjutkan sebagai bukti telah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan KKN yang dilaksanakan pada tanggal .............. s/d ...............
Materi dalam laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang disusun ini merupakan kewajiban seluruh mahasiswa yang menempuh Program S1, karena merupakan beban akademik yang harus dilaksanakan oleh setiap calon sarjana sehingga diharapkan mendapatkan wawasan dan pengetahuan terutama dalam mengaplikasikan disiplin ilmu yang di dapat dari bangku perkuliahan.
Dalam melaksanakan KKN di Desa ..............Kecamatan ..............Kabupaten ..............maupun dalam penyusunan laporan ini banyak kendala yang ditemukan, namun berkat bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak sehingga segala kesulitan dapat diselesaikan.
Selanjutnya melalui laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.       Bapak .............. selaku Rektor ..............;
2.       Bapak/Ibu Panitia KKN ..............;
3.       Bapak .............. selaku Dosen Pembimbing kelompok Desa ..............;
4.       Bapak Kepala Desa .............. beserta Aparaturnya;
5.       Semua Kepala Dusun beserta masing-masing Ketua RW dan RT nya;
6.       Ibu ..............yang telah bersedia menyediakan rumah sebagai posko tempat kami berteduh dalam pelaksanaan kegiatan KKN;
7.       Warga masyarakat Desa ..............atas kerjasama dan bantuannya;
8.       Rekan-rekan mahasiswa peserta KKN kelompok Desa ..............;
Meskipun kami berharap isi dari laporan ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
Akhir kata kami berharap agar laporan ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Terima kasih.

..............,         ..............



Penyusun













 ========================================================

LEMBAR PENGESAHAN

KULIAH KERJA NYATA (KKN)
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
..............
TAHUN ..............

KELOMPOK DESA ..............
KECAMATAN .............. KABUPATEN ..............

Disetujui oleh :
Ketua Panitia,



..............
Dosen Pembimbing,



..............

Mengetahui :
Ketua STISIP ..............



..............



=================================================== 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................................. iii
DAFTAR ISI.................................................................................................................... iv

BAB I       PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
1.1.     Latar Belakang........................................................................................ 1
1.2.     Dasar Kebijakan KKN............................................................................ 1
1.3.     Tujuan KKN............................................................................................ 2
1.4.     Sasaran KKN.......................................................................................... 2
1.5.     Lokasi dan Waktu KKN......................................................................... 3
1.6.     Peserta KKN........................................................................................... 3

BAB II     ORIENTASI DAN KEADAAN UMUM...................................................... 4
                  2.1.   Sejarah Berdirinya Desa .................................................................... 4
                  2.2.   Orientasi Terhadap Potensi Kebutuhan Desa.......................................... 4
                  2.3.   Letak dan Keadaan Alam Desa ......................................................... 5
                  2.4.   Kondisi Pemerintahan Desa.................................................................... 17
                  2.5.   Dusun Binaan.......................................................................................... 18

BAB III    MASALAH DAN PROGRAM...................................................................... 19
                  3.1.   Identifikasi Masalah................................................................................ 19
                  3.2.   Peranan Mahasiswa dalam Kegiatan KKN............................................. 19
                  3.3.   Penyusunan Program Kegiatan KKN..................................................... 19
                  3.4.   Rencana Garapan.................................................................................... 20
                  3.5.   Program Kegiatan Pelaksanaan KKN..................................................... 20

BAB IV    PELAKSANAAN DAN EVALUASI PROGRAM...................................... 21
                  4.1.   Pelaksanaan Penyusunan Program.......................................................... 21
                  4.2.   Program yang Dapat Dilaksanakan......................................................... 21
                  4.3.   Hambatan dan Tantangan dalam Melaksanakan Program...................... 22
                  4.4.   Evaluasi Program..................................................................................... 22
BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
                  5.1.   Kesimpulan.............................................................................................. 24
                  5.2.   Saran........................................................................................................ 25

DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR HADIR
DAFTAR PIKET
HASIL KEGIATAN HARIAN KKN DI DESA ..............
FOTO-FOTO KEGIATAN








 ===================================================


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
            Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk pembelajaran calon-calon sarjana sebelum mendapatkan gelar keserjanaannya. Pembelajaran dimaksud yaitu menggali pengalaman yang ada di tengah-tengah masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakatdan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah yang sedang dihadapi di sekitar masyarakat tersebut.
            Kegiatan KKN merupakan upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan ini dengan cara bersentuhan langsung di tengah-tengah masyarakat dengan harapan mahasiswa dapat mengaplikasikan dasar-dasar teori yang didapatkan di bangku perkuliahan dengan kehidupan masyarakat secara nyata. Bagi mahasiswa, KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus dan pemahaman karateristik sosial maupun kultur masyarakat demi memperoleh pengalaman belajar dan kerja nyata guna menyiapkan bekal kepemimpinan dan melakukan transfortasi ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah-tengah masyarakat.
            STISIP .............. mulai merintis pelaksanaan KKN dari tahun ..............dengan bertitik tolak pada landasan pemikiran bahwa STISIP .............. merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, sehingga pelaksanaan KKN selalu dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat sesuai perkembangan zaman.
            Dengan selesainya KKN, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, kemampuan dan kesadaran baru tentang masyarakat berbangsa dan bernegara.

1.2.DASAR KEBIJAKAN KKN
a.         Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
b.         Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi;
c.         Surat Keputusan Mendikbud Nomor 041/U/1948 tentang Program Pendidikan Tinggi Swasta di Lingkungan Depdikbud;
d.        Surat Keputusan BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/AK-X/S-1/I/2007;
e.         Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi VI Ditbinlitabmas Dirjen Dikti 2002;
f.          Pedoman Akademik STISIP Bina Putera Banjar Nomor 125/AK/K-STISIP/VI/2010 tentang Penunjukan Dosen Pembimbing dan Daftar Peserta KKN.

1.3.TUJUAN KKN
            Tujuan utama KKN yaitu sebagai program intra kulikuler yang memberikan pendidikan kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar langsung dari, oleh dan untuk masyarakat. Secara eksplisit, tujuan KKN adalah:
  • Memberikan pengalaman belajar dan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa tentang pembangunan masyarakat;
  • Menumbuhkan sikap dewasa dan kepribadian mahasiswa yang kritis, tanggap terhadap apa yang terjadi di masyarakat;
  • Meningkatkan dan menambah luas wawasan mahasiswa;
  • Menjalin relevansi perguruan tinggi dengan masyarakat dan pemerintah.

1.4.SASARAN KKN
KKN mempunyai tiga kelompok sasaran yaitu mahasiswa, masyarakat bersama pemerintah dan perguruan tinggi.
a.       Bagi Mahasiswa :
1)        Memberikan pengalaman langsung untuk memberikan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di STISIP ..............;
2)        Menemukan dan menerapkan konsep ilmiah yang telah dimilikinya secara kompherensif;
3)        Melibatkan diri secara langsung dalam proses pembangunan manusia;
4)        Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi, selaras dan sejalan.
b.      Bagi Masyarakat dan Pemerintah :
1)        Mambantu masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan terutama dalam bidang pemerintahan, pendidikan dan sosial budaya;
2)        Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pembangunan desa;
3)        Membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader penerus pembangunan desa;
4)        Hadir selaku problem solving (pemecah masalah) bukan sebagai trouble maker (pembuat masalah);
5)        Terjun kearah yang bersifat kontruktif (membangun) bukan destruktif (merusak).
c.       Bagi STISIP ..............:
1)        Mewujudkan fungsi tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian) secara terpadu, selaras dan seimbang dengan kebutuhan masyarakat;
2)        Mendapatkan feedback (umpan balik) dari masyarakat guna memperbaiki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
3)        Memantapkan program KKN sebagai sarana belajar praktisa yang efektif dan efisien;
4)        Mencetak sarjana-sarjana yang mempunyai kemampuan akademik kemasyarakatan, pemerintahan dan lembaga pendidikan.

1.5.LOKASI DAN WAKTU KKN
a.       Lokasi
Wilayah pelaksanaan kegiatan KKN STISIP .............. berlokasi di Kecamatan .............. yang tersebar di .............. Desa, dan kelompok kami ditempatkan di Desa ..............Kecamatan ..............dengan beranggotakan 14 orang.
b.      Waktu
Pelaksanaan KKN dilakukan dalam tiga tahap yaitu :
1)        Pembekalan KKN dilaksanakan pada tanggal ..............;
2)        Pelepasan oleh Ketua STISIP .............. pada tanggal ..............;
3)        Kegiatan KKN di lapangan dilaksanakan dari tanggal ...............

1.6.PESERTA KKN
            Peserta KKN Kelompok Desa ..............merupakan mahasiswa semester VII yang terdiri dari jurusan ilmu pemerintahan sebanyak 9 orang dan administrasi niaga sebanyak 6 orang dari kelas regular dan non regular.










 ===================================================

BAB II
ORIENTASI DAN KEADAAN UMUM

2.1. SEJARAH BERDIRINYA DESA ..............
  Desa ..............adalah salah satu desa dari .............. desa yang berada di Kecamatan .............. Kabupaten ..............yang terdiri dari ..............wilayah dusun yaitu Dusun .............., Dusun ............................dst.
Desa ..............adalah sebuah desa yang berada di .............., yang merupakan desa ............................
Adapun Kepala Desa yang pernah menjabat antara lain :
1.    ..............                                 ( Tahun .............. )
2.    dst..............

2.2. ORIENTASI TERHADAP KEBUTUHAN DESA
           Kegiatan orientasi dan pengenalan struktural yang ada ditingkat desa baik secara kondisi masyarakat umum maupun organisasi pemerintahan yang ada ditingkat desa merupakan salah satu bentuk kondisi dan orientasi yang begitu realistis. Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk nyata dari Tridarma perguruan tinggi, sudah selayaknya untuk menganalisa dan mengimplementasikan secara nyata, kompherensif dan sistematis.
           Anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa ..............pada tanggal .............. langsung melakukan beberapa kegiatan yang diprogramkan menurut kondisi dan struktural yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah melakukan pengenalan terhadap masyarakat disekitar dan melakukan orientasi terhadap bidang-bidang garapan di desa seperti bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan, pertanian dan lain-lain. Ada beberapa tahap orientasi terhadap bidang garapan yang ada di Desa ..............yang dilakukan antara lain :
1.    Pendataan (investigasi)
2.    Perencanaan (planning)
3.    Pelaksanaan program
4.    Evaluasi
5.    Set back
           Selama lima belas hari, peserta KKN melakukan kegiatan untuk mendapatkan data karena untuk membuat suatu program yang nyata dibutuhkan data dengan melalui pengenalan terhadap kebutuhan dan potensi desa. Data yang telah didapat secara akurat diolah dan dianalisa sehingga terbentuklah beberapa program yang disesuaikan dengan program desa.

2.3. LETAK DAN KEADAAN ALAM DESA SUKANAGARA
A.    Kondisi Geografis
Batas wilayah Desa ..............
Orbitasi (jarak) dari pusat pemerintahan
Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan               : .............. Km
Jarak dari Ibu Kota Kabupaten/Kota                       : ..............Km

B.     Keadaan Topografi Desa
            Desa ..............terletak di Kecamatan ..............dan merupakan salah satu desa yang berada di .............. dan secara keseluruhan keadaan alam di Desa ..............cukup potensial untuk pelaksanaan kegiatan terutama dalam bidang fisik, karena merupakan salah satu wilayah yang cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan.
            Dalam bidang administrasi Pemerintahan Desa ..............terbagi menjadi ..............RW dan ..............RT serta ..............Dusun. Luas wilayah keseluruhan + .............. ha, dengan komposisi penggunaan lahan sebagai berikut :
Luas Pemukiman
..............
Ha
Luas Persawahan
..............
Ha
Luas Kuburan (Umum)
..............
Ha
Luas Pekarangan
..............
Ha
Perkantoran (Umum)
..............
Ha
Total Luas
..............
Ha

            Dibawah ini disajikan tabel luas desa, sebaran penduduk, kepadatan penduduk dan kondisi topografi di tiap-tiap Rukun Warga (RW).

Tabel 1
Jumlah Sebaran Penduduk Tiap Dusun dan Kepadatan Penduduk Desa ..............
No.
Nama Dusun
Sebaran Penduduk
Penduduk / Km
1
..............


2
..............


3
..............


4
..............


5
..............


6
..............


Jumlah



C.     Peta Desa ..............
 


 D.    Luas dan Sebaran Penggunaan Lahan
            Pada umumnya lahan yang terdapat di Desa ..............dipergunakan secara efektif dan produktif dan hanya sebagian kecil lahan saja yang berstatus sebagai lahan tidur. Hal ini menunjukan bahwa wilayah Desa ..............memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah dan siap untuk diolah.

E.     Pertanahan
            Desa ..............memiliki luas .............. ha dan memiliki ..............wilayah dusun, ..............Rukun Warga (RW) dan ..............Rukun Tetangga (RT).

F.      Kependudukan
            Penduduk Desa ..............berdasarkan data terakhir hasil sensus penduduk Tahun ..............sekitar .............. jiwa.

G.    Sumber Daya Manusia
            Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal dasar pembangunan disamping sumber daya lainnya yang saling berkaitan satu sama lainnya. Adapun SDM yang dimiliki Desa ..............tersaji pada tabel dibawah ini :

Tabel 2
Sumber Daya Manusia (SDM) Desa ..............Tahun ..............
No.
Jenis Kelamin
Jumlah (jiwa)
Prosentase (%)
1
Laki-laki


2
Perempuan


Jumlah



H.    Jumlah Perangkat Desa
1.      Kepala Desa                                                        : 1 orang
2.      Sekretaris Desa                                                   : 1 orang
3.      Kepala Urusan                                                    : ..............Orang
-          Operator                                                        : ..............Orang
4.      Kepala Seksi                                                       : ..............Orang
5.      Kepala Dusun/Lingkungan                                 : ..............Orang


I.       Pembinaan RT dan RW
1.      Jumlah RT                                                           : .............. Orang
2.      Jumlah RW                                                         : ..............Orang

J.       Kelembagaan Desa
1.      Jumlah Pengurus LPM                                        : ..............Orang
2.      Jumlah Tim Penggerak PKK                              : ..............Orang
3.      Badan Permusyawaratan Desa (BPD)                : ..............Orang
Yang dimaksud dengan kelembagaan desa adalah instansi vertikal pemerintah pusat ke tingkat paling bawah yaitu ada pada pedesaan/kelurahan yang mendapat otonomi murni. Kelembagaan desa terdiri atas 3 bagian lembaga yaitu Lembaga Pemerintahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga terjadi hubungan tridharma yaitu :



K.       Keuangan dan Sumber Pendapatan Desa
1.    Keuangan
a.       Sisa anggaran tahun lalu
b.      Penerimaan tahun ini
c.       Pengeluaran rutin tahun ini
d.      Pengeluaran pembangunan tahun ini
2.    Pendapata Asli Desa (PAD)
3.    Bantuan Pemerintah

 L.        Keamanan Desa
Pembinaan Hansip
Jumlah Anggota Hansip                                                       : 28 orang
Jumlah Hansip Terlatih                                                         : 28 orang

M.      Bidang Pembangunan
Beberapa pembangunan yang ada di Desa ..............:
1.    Irigasi Primer dengan panjang .............. m
2.    Irigasi Sekunder dengan panjang .............. m
3.    Irigasi Tersier dengan panjang .............. m
4.    Jumlah Masjid ..............buah
5.    Jumlah Mushola ..............buah

N.       Kesehatan
            Tenaga kesehatan di Desa ..............Tahun ..............terbagi atas tenaga medis/dokter, perawat, bidan, dukun beranak/paraji dan partisipasi masyarakat di bidang kesehatan. Sedangkan untuk prasarana kesehatan berupa Puskesmas Pembantu 1 unit dan Posyandu 9 unit.

Tabel 3
Sarana dan Prasarana Kesehatan Desa ..............Tahun ..............
No
Sarana dan Prasarana Kesehatan
Jumlah
Keterangan
1
Tenaga Medis
Dokter Umum




Dokter Spesialis


2
Keperawatan
Bidan
2



Perawat


3
Partisipasi Masyarakat
Dukun Bayi / Paraji
6



Paraji Sunat




Kader Kesehatan
45



Posyandu
9



Desa Siaga






Tabel 4
Data Kader Posyandu Desa ..............Tahun ..............
No.
Tempat Posyandu
Jumlah
1

Jumlah


O.       Pendidikan
1.    Pendidikan Umum
PAUD                                                                              : ..............unit
TK/RA                                                                             : ..............unit
SD                                                                                    : .............. unit
MI                                                                                                : -
PAKET A, B, C                                                               : -
SLTP/MTs                                                                        : ..............unit
SLTA                                                                               : -
2.    Pendidikan Khusus
Madrasah                                                                         : ..............unit

P.        Sarana Olahraga, Kesenian, Kebudayaan dan Sosial
Sarana Olahraga                                                                    : ..............unit
Sarana Kesenian/Kebudayaan                                              : ..............unit
Sarana Sosial                                                                         : -

Q.       Sarana dan Prasarana Keagamaan
            Penduduk Desa ..............yang secara keseluruhan mayoritas beragama Islam dan berupaya meningkatkan kualitas pendidikan beragama, kehidupan beragama dengan penekanan pada aspek peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan yang diimplementasikan dalam bentuk beribadah kepada kholiknya yang diiringi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana peribadatan.
            Salah satu upaya kearah itu diantaranya dengan penambahan sarana dan prasarana keagamaan di bidang pendidikan, seperti :
-         Pendirian Madrasah
-         Raudhatul Athfal
-         Dll

R.       Prasarana Perhubungan dan Alat Transportasi
            Jalan sebagai prasarana perhubungan dan transportasi yang ada di Desa ..............pada Tahun ..............tercatat sepanjang .............. Km yang terdiri dari Jalan Antar Desa sepanjang .............. Km, Jalan Negara sepanjang ..............Km dan Jalan Desa sepanjang .............. Km. Sedangkan untuk karateristik Jalan Desa terdiri dari jalan aspal dengan kondisi baik ..............Km, jalan aspal dengan kondisi rusak .............. Km.
            Jalan merupakan hal penting dan patut mendapat perhatian dari semua pihak karena merupakan akses bagi semua masyarakat untuk mobilitas lalu lintas ekonomi dan transportasi yang dapat memberikan dampak positif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Jenis sarana transportasi yang digunakan di Desa ..............diantaranya mobil colt, ojeg dan lain-lain.

S.        Pertanian dan Perkebunan
            Pola tanam masyarakat petani di Desa ..............adalah pada musim penghujan lahan sawah ditanami padi dan pada musim kemarau ditanami palawija denga pola padi-padi palawija, artinya masyarakat petani menggarap sawahnya dengan penanaman padi dua kali berturut-turut dan satu kali menanam palawija.
            Untuk lahan pekarangan umumnya ditanami pohon buah tahunan seperti rambutan, pisan, papaya, sawo serta warung hidup dan tanaman obat keluarga (toga) sedangkan lahan kebun ditanami pohon tanaman keras untuk bahan bangunan dan hasil bumi/hutan seperti kelapa, durian, albasia, mahoni dll.

T.        Kepemudaan dan Olahraga
            Desa .............. dalam bidang kepemudaan dan olahraga tidak terlepas dari aktivitas dan eksistensi dari organisasi kepemudaan yang ada di Desa ..............seperti Karang Taruna, Remaja Islam Masjid (RISMA) dan lain-lain. Jumlah anggota Karang Taruna aktif di Desa .............. orang serta hampir seluruh usia remaja terlibat di kepengurusan Karang Taruna Dusun, baik sebagai pengurus maupun anggota.
            Sedangkan untuk kegiatan keolahragaan, pengelolaannya masih bersifat masih bersifat amatir atau dengan kata lain hanya sebatas menyalurkan hobi saja. Kendala utama dari semua itu adalah ketiadaan dana rutin untuk pembinaan dan kurangnya dukungan dari dinas atau instansi terkait meskipun bakat dibidang olahraga cukup potensial. Untuk lebih jelasnya data organisasi keolahragaan dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 5
Data Klub/Perkumpulan Olahraga Desa ..............Tahun ..............
No
Klub Olahraga
Jumlah
Keterangan
1
Sepak Bola
1
Aktif
2
Bola Volli
1
Aktif
3
Badminton
1
Aktif
Jumlah
3


            Dari segi prestasi telah banyak melahirkan atlit-atlit berbakat dan merupakan aset Desa ..............yang ikut serta berkiprah dalam kegiatan olahraga sebagai kontingen desa maupun tingkat kecamatan. Para pelaku olahraga tersebut juga sudah mencatat prestasi dengan meraih kejuaraan pada beberapa event atau turnamen baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

U.       Kebudayaan
            Kebudayaan yang merupakan salah satu modal dasar pembangunan adalah warisan budaya yang bernilai luhur perlu dilestarikan dan dikembangkan dengan dijiwai oleh keluhuran nilai-nilai agama islam. Hal tersebut sudah menjadi komitmen bersama antara pemerintahan dan masyarakat Desa ............... Salah satu aspek yang perlu ditangani dan terus dikembangkan secara berkelanjutan adalah pembinaan kearah pelestarian berbagai kelompok kesenian tradisional yang ada agar tetap eksis ditengah gencar dan maraknya pengaruh budaya asing.
            Sasaran pembinaan bertujuan agar budaya warisan leluhur ini bias dikenal dan dicintai terutama oleh generasi muda, sehingga proses pelestarian berjalan dari generasi ke generasi. Beberapa kelompok kesenian yang ada di Desa ..............yang masih eksis dan terbina dengan kondisi keterbatasan dana dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 6
Data Kelompok Budaya dan Seni Desa ..............Tahun ..............
No
Jenis Kelompok Kesenian
Jumlah
Status
1.
Seni Calung


2.
Wayang Golek


3.
Kuda Lumping


4.
Pencak Silat


5.
Upacara Adat


6.
Qasidah


7.
Hadroh


Jumlah



V.       Keadaan Perekonomian
1.    Pajak
                Pajak Desa ..............dari tahun ke tahun mengalami pasang surut. Hal ini disebabkan bebrapa hal dan kondisi yang ada terutama masalah krisis ekonomi yang berkepanjangan. Namun seiring dengan keadaan ekonomi secara nasional yang berangsur membaik, maka untuk beberapa tahun terakhir target pajak Desa .............. cenderung mengalami peningkatan.
                Target pajak Desa ..............pada Tahun ..............adalah sebesar Rp...............,-

2.    Alokasi Dana Desa (ADD)
                Dana Desa Sukanagara pada dasarnya adalah dana yang merupakan sumber dari dana APBD Kabupaten ..............yang dialokasikan pada desa untuk mendanai kebutuhan desa dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. Untuk Desa ..............besaran Alokasi Dana Desa (ADD) adalah sebesar Rp...............,-.

3.      Bantuan Pemerintah Pusat
Pada Tahun ..............sesuai dengan Program Kerja Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo semua desa mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat. Untuk Desa ..............mendapat bantuan sebesar Rp...............,-.


4.      Bantuan Pemerintah Provinsi
Tahun ..............Desa ..............mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp...............,-.

5.    Sumber Penerimaan Desa Lainnya
                Penerimaan desa lainnya di Desa ..............dalam kurun waktu Tahun ..............bersumber dari APBD Kabupaten, Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan PNPM-MP.

6.    Sarana dan Prasarana Sosial Ekonomi
                 Sarana sosial ekonomi yang menjadi tulang punggung kehidupan masyarakat Desa ..............sebagaimana umumnya desa-desa yang berada di daerah pedesaan adalah dari sektor pertanian, perkebunan, usaha perdagangan, jasa transportasi dan home industri. Beberapa tempat usaha yang ada di Desa ..............yang masih eksis dan terbina dengan kondisi keterbatasan dana yaitu Industri Rumah Tangga 2 buah berupa .............. dan .............. serta Perusahaan Kecil ..............buah berupa ...............

7.    Pengairan dan Irigasi
                Penanganan keirigasian dan pengairan diarahkan dalam upaya memenuhi kebutuhan sumber pengairan bagi masyarakat petani baik untuk lahan sawah, palawija maupun empang. Jaringan irigasi yang ada di Desa ..............merupakan suatu upaya untuk menjawab kebutuhan tersebut. Namun pada saat ini kondisi dan kemanfaatannya belum optimal. Hal ini disebabkan tidak/belum stabilnya sumber mata air yang di akses oleh saluran irigasi tersebut sehingga pada musim kemarau tetap saja kekurangan air. Salah satu penyebab kurangnya kualitas debit air di bagian hulu adalah terganggunya ekosistem di sumber air sebagai akibat penebangan hutan yang tidak terkendali dan kurang terpantau dan juga disebabkan oleh terjadinya pendangkalan/sedimentasi dan longsoran tanah sepanjang saluran irigasi tersebut.

8.    Air Bersih
                Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dalam memenuhi salah satu kebutuhan hidupnya seperti minum, mandi, mencuci baju dan sebagainya. Untuk memnuhi kebutuhan akan air bersih saat ini masyarakat Desa ..............sebagian besar masih memanfaatkan mata air konvensional sumur dan sumur pompa.

9.    Air Limbah
                Jenis limbah yang terdapat di Desa ..............dibedakan menjadi dua jenis yaitu limbah domestik yang merupakan limbah hasil buangan rumah tangga dari kegiatan mandi, cuci dan lain sebagainya serta limbah non domestik yang merupakan limbah yang dihasilkan oleh non rumah tangga seperti limbah penggilingan padi, limbah ternak, limbah industri rumah tangga dan lain-lain.

10.  Energi
                Pada umumnya masyarakat Desa ..............sudah hampir 90% dapat menikmati sumber energi berupa instalasi jaringan listrik. Hanya sebagian kecil saja masyarakat yang belum menikmatinya karena terkendalanya oleh factor ekonomi rumah tangga.


2.4. KONDISI PEMERINTAHAN DESA
A.       Struktur Organisasi
 

B.       Perijinan
Kesadaran masyarakat Desa .............. dalam hal pengajuan perizinan masih perlu ditingkatkan lagi untuk masa-masa yang akan dating terutama dalam hal izin mendirikan bangunan (IMB). Adapun jenis perizinan yang ada dan dapat difasilitasi oleh desa antara lain :
·         Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT)
·         Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
·         Izin Gangguan (HO)
·         Izin Usaha Perdagangan
·         Izin Penggunaan dan Pemanfaatan Air Tanah
·         Izin Usaha Pertambangan Bahan Galian Golongan C
·         Izin Keramaian

C.       Aparatur Pemerintah
Jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Desa ..............pada Tahun ..............terdiri atas 1 orang Kepala Desa, 1 orang Sekretaris Desa, 2 orang Kepala Urusan, 3 orang Kepala Seksi, 2 orang Operator dan ..............orang Kepala Dusun. Secara rinci Aparatur Pemerintah Desa ..............dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel 7
Data Aparatur Pemerintah Desa ..............Tahun ..............
No
Jabatan
Jumlah
Keterangan
1.
Kepala Desa
1 orang

2.
Sekretaris Desa
1 orang

3.
Kepala Seksi
3 orang

4.
Kepala Urusan
2 orang

5.
Operator
2 orang

7.
Kepala Dusun
..............orang

8.
Ketua RW
..............orang

9.
Ketua RT
..............orang


a.         DUSUN BINAAN
Kuliah Kerja Nyata (KKN) STISIP .............. kelompok Desa ..............mempunyai dusun binaan yaitu :
1.         Dusun ..............
2.         Dusun ..............










 ===================================================

BAB III
MASALAH DAN PROGRAM

a.         IDENTIFIKASI MASALAH
Dalam menyusun program rencana kegiatan peserta KKN, kelompok kami mengadakan survey dan analisis masalah yaitu :
a.       Menganalisis kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa;
b.      Meninjau faktor-faktor dominan yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan desa;
c.       Menganalisa dinamika situasi masyarakat desa yang ada;
d.      Mendata masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat desa;
e.       Membuat ranking dari hambatan pelaksanaan pembangunan masyarakat;
f.       Mengevaluasi pemanfaatan sumber yang ada di masyarakat.

b.        PERANAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN KKN
Dalam melaksanakan kegiatan KKN, mahasiswa peserta KKN berperan :
a.       Sebagai pemberi informasi;
b.       Sebagai pelancar proses difusi inovasi pembangunan;
c.       Sebagai motivator/penumbuh motivasi;
d.      Sebagai komunikator/penghubung antar sistem pelaksana pembangunan.

c.         PENYUSUNAN PROGRAM KEGIATAN KKN
Dalam menyusun program, agar kegiatan dilaksanakan secara lebih terarah , maka dibuatlah suatu rencana sehingga bentuk kegiatan dapat dilaksanakan oleh peserta KKN.
Adapun yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan program kegiatan KKN adalah sebagai berikut :
a.       Faktor Kemampuan
Kebanyakan mahasiswa non regular sudah bekerja, sehingga banyak waktu yang terpakai untuk bekerja, tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara membagi waktu seefektif mungkin.
b.       Faktor Waktu
Kegiatan KKN yang dilaksanakan relatif sebentar, didalam kegiatan pelaksanaan kegiatan KKN banyak program atau garapan yang membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga kami memilih program yang bisa selesai dalam waktu 3 hari.

c.       Prioritas
Dari keseluruhan rencana program KKN sangat dibatasi oleh ruang gerak dan waktu, sehingga peserta KKN tidak bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara merata dan menyeluruh. Untuk itu agar lebih fokus kami memilih dusun binaan Dusun .............., Dusun .............., Dusun ..............dan Dusun ...............

d.        RENCANA GARAPAN
Setelah mengadakan penelitian dari data yang diperoleh maka tersusunlah rencana yang akan dilaksanakan oleh peserta KKN Kelompok Desa ............... Secara garis besar program kelompok meliputi 3 bidang garapan :
a.         Penyuluhan, pengolahan, pendidikan dan pemerintahan;
b.         Observasi dan survey;
c.         Pembangunan fisik.

e.         PROGRAM KEGIATAN PELAKSANAAN KKN
Program kegiatan KKN Kelompok Desa ..............secara garis besar yang dilaksanakan yaitu :
a.         Bidang pendidikan masyarakat, sosial dan budaya;
b.         Bidang administrasi pembangunan pemerintahan;
c.         Bidang kelembagaan pemerintahan;
d.        Bidang ekonomi/home industri.












 ===================================================

BAB IV
PELAKSANAAN DAN EVALUASI PROGRAM

4.1.  PELAKSANAAN PENYUSUNAN PROGRAM
Dalam penyusunan program KKN di Desa ..............Kecamatan .............., disesuaikan dengan jurusan yang kami ambil yaitu kepemerintahan dan administrasi niaga serta disesuaikan dengan keadaan Desa ............... Program yang direncanakan selama 1 bulan sebagai berikut :
a.         Observasi dan pengenalan diri dengan Kepala Desa dan Aparatur Pemerintah Desa;
b.         Pengenalan diri dengan masyarakat;
c.         Observasi administrasi desa atau dusun;
d.        Perbaikan administrasi desa atau dusun;
e.         Kunjungan ke lembaga-lembaga pemerintahan;
f.          Partisipasi pada kegiatan keagamaan di masyarakat;
g.         Pembuatan Struktur Organisasi Pemerintah Desa ..............;
h.         Pembuatan papan nama Raudhatul Athfal ..............;
i.           Persiapan kegiatan PHBN;
j.           Pembinaan masyarakat dalam bidang ekonomi/UMKM;
k.         Penyusunan laporan;
l.           Persiapan perpisahan.

4.2.  PROGRAM YANG DAPAT DILAKSANAKAN
a.       Bidang administrasi pembangunan dan pemerintahan
·      Observasi dan survey (pendataan);
·      Pembinaan administrasi desa dan dusun binaan;
·      Partisipasi pada kegiatan keagamaan di masyarakat;
·      Pembangunan fisik (pembuatan struktur organisasi Pemerintah Desa dan papan nama Raudhatul Athfal ..............);
·      Gotong royong/bakti sosial;
b.      Bidang kelembagaan pemerintahan
·      Observasi dan survey lembaga-lembaga pemerintahan (pemerintah desa, BPD, LPM, MUI);
·      Partisipasi dalam kegiatan PKK (Posyandu);
·      Partisipasi dalam kegiatan PHBN;
·      Partisipasi dalam kegiatan Karang Taruna Desa dalam menyambut hari kemerdekaan RI ke 70.
c.       Bidang pendidikan masyarakat, sosial, budaya dan ekonomi
·      Observasi dan survey (pendataan);
·      Melihat potensi daerah seperti perekonomian dan SDA;
·      Mendata jumlah lembaga pendidikan non formal yang ada di Desa ..............;
·      Mengadakan dialog dan ikut berpartisipasi dengan pengurus pada lembaga pendidikan non formal;
·      Di bidang keagamaan, mengadakan lomba-lomba untuk Remaja Islam Masjid (RISMA) Dusun ..............Desa ..............;
·      Di bidang PKK, berpartisipasi dengan ibu-ibu PKK diataranya mengadakan pembuatan piring lidi yang merupakan ciri khas Kabupaten ..............;
·      Dalam bidang olahraga, melakukan tanding sepak bola dengan Dusun ...............

4.3.  HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM
Secara umum KKN dapat dilaksanakan, namun ada beberapa hal program yang tidak dapat dilaksanakan secara maksimal seperti hal-hal berikut dibawah ini :
a.         Karena keterbatasan waktu tidak semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa dan masyarakat dapat dihadiri;
b.         Dalam hal pencarian data terdapat perbedaan antara isi data dari desa dengan isi data dari RT, RW dan dusun;
c.         Masyarakat mengharapkan peran aktif peserta KKN dalam kegiatan gotong royong, misalnya dalam kegiatan pembangunan rumah, membuat saluran air, membersihkan jalan dan hal lainnya. Hal itu tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan kemampuan.

4.4.  EVALUASI PROGRAM
Pada prinsipnya semua program berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa hal yang harus dievaluasi secara umum, diantaranya :
a.         Sebagian peserta KKN merupakan kelas non regular bshksn 86 % adalah dari kelas non regular, sehingga dalam waktu kegiatan KKN sering berbenturan dengan pekerjaan;
b.         Kurangnya waktu kegiatan KKN, sehingga banyak kegiatan yang telah diprogramkan tidak dapat dilaksanakan;
c.         Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta KKN;
d.        Persepsi yang menganggap mahasiswa sebagai orang yang mengetahui banyak hal dibandingkan dengan masyarakat.
Secara keseluruhan berdasarkan hasil observasi dilapangan pelaksanaan KKN selama 1 bulan tersebut banyak ditemukan fakta, baik yang bersifat positif maupun negatif. Hal tersebut merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami.
Kehadiran peseta KKN dalam setiap kegiatan mendapat sambutan dan tanggapan positif dari masyarakat dan pemerintahan desa setempat. Terbukti dengan adanya peningkatan partisipasi terhadap segala kegiatan kemasyarakatan.























 ===================================================

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

            Dengan melihat, mengkaji dan merasakan secara langsung semua kejadian pengalaman selama pelaksanaan KKN di Desa ..............Kecamatan ..............Kabupaten .............., maka kami mencoba untuk menarik kesimpulan sebagai bahan pertimbangan dan kritikan atau usulan yang sifatnya konstruktif dan sebagai bahan kajian untuk meningkatkan pembangunan Desa .............. serta untuk memajukan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) .............. pada umumnya.

5.1.  KESIMPULAN
Adapun kesimpulan yang dapat kami kemukakan dalam laporan KKN ini adalah sebagai berikut :
a. Kegiatan KKN STISIP .............. Tahun ..............di Desa ..............Kecamatan ..............Kabupaten ..............mendapat sambutan, tanggapan dan perhatian yang cukup baik dari warga Desa ..............;
b.      Program memerlukan kesiapan yang matang, yang meliputi kesiapan fisik maupun mental dan tak kalah penting ilmu pendidikan dan keterampilan yang memadai sebagai bekal untuk aktivitas dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya;
c.       Pada dasarnya masyarakat sangat memerlukan dukungan untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya, maka kita sebagai mahasiswa harus menjadi motivator bagi masyarakat Desa ..............;
d.      KKN adalah kegiatan yang salah satu fungsinya mengajarkan mahasiswa untuk terampil sebagai motivator masyarakat Desa ..............;
e.       Mahasiswa sebagai anggota masyarakat harus lebih banyak belajar dari masyarakat karena mahsiswa itu dipandang sebagai orang yang serba bias dan serba tahu maka perlu adanya kontrol diri;
f.       Dengan adanya kegiatan KKN ini, hubungan antara lembaga perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan dengan masyarakat dan pemerintah kecamatan setempat semakin baik, sehingga penanganan diberbagai bidang pembangunan akan terintegrasi.


5.2.  SARAN-SARAN
a.       Saran Kepada Pihak Lembaga STISIP ..............
           Pihak lembaga sebagai pihak penyelenggara kegiatan KKN hendaknya mempunyai data base terlebih dulu tentang desa-desa yang ada di Kecamatan ..............Kabupaten ..............dan memberi pembekalan yang maksimal sehingga peserta KKN dapat mengorientasi program kerja secara maksimal.
b.      Saran Kepada Aparat Pemerintah Desa ..............
           Dari hasil observasi hendaknya Pemerintah Desa ..............harus lebih meningkatkan peran dan fungsi desa sebagai lembaga pemerintahan yang ada di tingkat desa dalam bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan, pelayanan publik dan lain sebagainya.
c.       Saran Kepada Peserta KKN
1.      Diantara peserta KKN hendaknya menjalin kerjasama dan kekompakan;
2.      Para peserta KKN hendaknya mawas diri dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada;
3.      Para peserta KKN hendaknya mampu menunjukan peranannya sebagai insan intelektual yang sesungguhnya, mampu melakukan perubahan yang lebih baik dalam menunjang proses pembangunan yang ada;
4.      Hendaknya peserta KKN bersikap lebih dewasa dan bisa menerima serta beradaptasi dengan situasi dan kondisi pada saat KKN.


0 Response to "Laporan Kelompok KKN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel