='#efefef' name='theme-color'/> Bahan Ajar Komunikasi Pemerintahan - BERITA DESA -->

Bahan Ajar Komunikasi Pemerintahan



KOMUNIKASI PEMERINTAHAN
2/21/2014
     Secara etimologis Pemerintahan asal kata perintah, artinya  menyuruh, dalam bahasa inggris adalah govermant .
Goverment mempunyai fungsi
1)      Menunjuk kepada kegiatan atau proses memerintah, melakukan kontrol atas pihak lain atau bahasa inggris nya the activity or the  process of govering.
2)       Menunjuk pada masalah masalah pada negara dalam kegiatan atau proses yang di jumpai.
3)      Menunjukan cara ,metode atau sistem dengan mana masyarakat bisa di perintah.
Pemerintahan dalam arti sempit dan luas
  • Arti sempit hanya eksekutif
  • Arti luas eksekutif,legislatif,dan yudikatif.
Sejalan dengan itu pemerintah menurut H.finer bahwa pemerintahan harus mengelompokan melalui 3 kelompok :
  1. Administratif clas
  2. Eksekutif class
  3. Camical typing minor and manivulatif messager process class,
  4. Yakni pegawai yang mnduduki jabatan lapisan yang paling bawah dari dinas sipil yang tertentu dengan bentuk pemerintahan pasca otda ( otonomi daerah).
28/02/2014
TUGAS POKOK PEMERINTAH
  1. Kemanan
     Negara kemungkinan menjaga serangan dari luar untuk memberikan kudeta atau menggulingkan pemerintah.
  1. Ketertiban
     Cara mencegah terjadinya tawuran atau konflik antar suku.
  1. Keadilan
     Projustisi, yaitu demi keadilan
Setiap warga negara berhak di perlakukan secara adil, secara kongkrit keadilan di wujudkan melalui steatmant (keputusan), kebijakan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang, dalam hal ini pemerintah atau govermant harus kokoh tidak ikut kekiri dan kekanan.
  1. Kesejahteraan sosial
     Guna meningkatkan kesejahteraan sosial pemerintah membantu anak cacat, orang terlantar harus di biayai pemerintah.
  1. Ekonomi
  2. PU ( pekerjaan umum )
  3. Pemeliharaan SDA

Karakteristik
Menurut .Robin 1996
1)      Para manager bahwa setiap pemerintah harus menyadari penting nya komunikasi.
2)      Para manager harus memadamkan tindakan dan ucapan. Tindakan dan ucapan tersebut harus bersifat konsisten.
3)      Komunikasi harus bersifat dua arah (Harus feed back) timbal balik.
4)      Penekanan pada komunikasi tatap muka, atau face To face akan menghadirkan para eksekutif sebagai koran hidup dan bernafas yang memahami kebutuhan dan keprihatinan para pegawai.
5)      Tanggung jawab,
6)      Bahwa komunikasi pemerintahan ini harus bisa menangani berita buruk
7)      Message , pesan
8)      Perlakuan komunikasi sebagai suatu proses berkelanjutan.
07/03/2014
1)      Mencapai pengertian satu sama lain
2)      Mambina kepercayaan
3)      Mengkoordinir tindakan
4)      Planing strategi
5)      Melakukan pembagian tugas pekerjaan
6)      Melakakukan aktivitas kelompok
7)      Berbagi rasa
Lebih spesifik lagi bahwa komunikasi di bagi empat :
  1. Fungsi pengawasan
  2. Fungsi motivasi
  3. Fungsi emosional
  4. Fungsi informasi
Tujuan komunikasi dibagi empat :
  1. Not logical bahwa suatu proses komunikasi tidak kontradiktif secara logika atau tidak konsisten.
  2. Behavier, berpusat pada prilaku yaitu dalam pengertian prilaku manusia.
  3. Inaf ,cukup relevan bagi kita untuk menghubungkan dengan prilaku komunikasi yang aktual.
  4. Konsisten dengan cara orang berkomunikasi.

14/3/2014
UNSUR UNSUR DALAM PROSES KOMUNIKASI MEDIA
Sender » encoding » message » decoding » recivier.
Feed back « noise» response

Unsur-unsur yang mempengruhi field of experience
Sender
Komunikator yang menyampaikan pesan kepad seseorang tau sejumlah orang
Encoding
Penyandian, yakni proses pengahlihan pikiran kedalam bentuk, lambang
Message
Pesan yang merupakan seperangkat lambang yang di sampaikan oleh komuniktor,
Media
adalah saluran atau chanel komunikasi, tempat berlalunya pesan dari komunikator kepada komunikan.
Decoding
Pengwasan yaitu dimana proses menetapkan makna dalam lambang yang di sampaikan oleh komunikator kepadanya
Receivier
Komunikan yang menerima pesan dari komunikator.
Response
Tanggapan, seperangkat reaksi pada komunikan setelah di terima pesan.
Feed back
Umpan blik yakni tanggapan komunikan apabila tersampaikan pesan.
Noise
Gangguan, yang tidak terencana, yang terjadi dalam proses komunikasi, sebagai akibat di terima nya pesan yang berbeda yang di sampaikan komunikator kepada komunikan
Model komuniksi tersebut menegaskan bahwa faktor -faktor kunci dalam komunikasi yang efektif, seorang ahli ;
WILBURG SCHAM
Menjelaskan bahwa pesan sebagai taanda esesial yang harus di kenal oleh komunikan, semakin tumpang tindih dalam pengalaman akan terjadi field ecfensif "tumpang tindih".
Agar komunikasi efektif , proses penyandian harus bertautan dengan proses pengawasan oleh komunikan.
Menurut ROBINS,
Hal hal yang mendasar dalam komunikasi :
  1. Membandingkan komunikasi formal dan informal.
  2. Mengedepankan pentingnya komunikasi,non verbal.
  3. Memperhtikan bagaimana individu memilih sluran komunikasi,
  4. Menghindari noise ( gangguan ) atau penghalang utama,
Jaringan informal atau informasi selentingan memiliki tiga karakteristik;
  • Tidak dikendalikan oleh manajemen,
  • Di persepsikan oleh kebanyakan karyawan sebagai paling dapat di percaya dan anda daripada komunike formal yang di terbitkan oleh manajemen puncak.
  • Sebagian besar digunakan untuk melayani kepentingan sendiri dari orang orang didalamnya,
Untuk menangani isue / desas desus.
Cara mengatasinya :
  1. Umumkan jadwal untuk mengambil decision making (membuat keputusan),
  2. Jelaskan keputusan dari prilaku yang mungkin tampaknya tidak consisten,atau kerahasiaan.
  3. Tekankan, sisi bawah ataupun sisi atas dari keputusan dewasa ini, dan rencanakan masa yang akan datang.
  4. Buka lembaran baru dan putuskan keputusan-keputusan penting.
21/03/2014
Strategi komunikasi akan berhasil , atas beberapa item :
a)      Who adalah siapa komunikatornya?
b)      Says what pesan apa yang dikatakan nya?
c)      In whic chanel adalah saluran atau media apa yang digunakan?
d)      Two whom adalah siapa kumunikan nya?
e)      Whit what efek adalah dampak apa yang di harapkan?
Komunikasi interpersonal di bagi beberapa fungsi:
1)      Untuk mencapai pengertian  satu sama lain
2)      Untuk membina kepercayaan
3)      Mengkoordinasi tindakan
4)      Planing strategi
5)      Melakukan pembagian pekerjaan
6)      Melakukan aktivitas kelompok
7)      Untuk berbagi rasa
Keterampilan berkomunikasi ada 6 item ;
·         Keterampilan mendengarkan,
·         Keterampilan bertingkah laku,
·         Keterampilan menyelesaikan konflik,
·         Keterampilan menyelesaikan masalah secara bersama,
·         Melihat situasi, kondisi, toleransi pandangan dan jangkaun,
·         Keterampilan melekukan persuasi
Etika berkomunikasi
  • Siapa yang di hadapi
  • Situasi dan kondisi
  • Sarana komunikasi
  • Media
  • Pesan yang di sampaikan
Hambatan komunikasi
§  Perbedaan pengalaman dan latar belakang tidak sama
§  Perbedaan persepsi
§  Sikap praduga
Faktor bahasa
a)      Perbedaan arti kata
b)      Penggunaan istilah bahasa
c)      Komunikasi non verbal
Sikap waktu berkomunikasi;
  1. Mendengarkan yang hanya ingin  kita dengarkan,
  2. Mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap komunikator,
  3. Sibuk mempersiapkan jawaban,
  4. Bukan pendengar yang baik,
  5. Pengaruh faktor emosi,
  6. Kurang percaya diri,
  7. Gaya bahasa yang kurang jelas.

1/5/2014 komunikasi pemerintahan
Menurut prof, drs. Uchiana
Pengertian human relation
Secara singkat, suatu proses iteraksi yang terjadi antar seseorang dan orang lain untuk mendapatkan saling pengertian, kesadaran, dan untuk mencapai kepuasan sikologis.

Human relation di bagi 2
Sempit dan luas.
Dalam arti luas ialah, mencakup seseorang, berinterkasi dengan orang lain Dalam segala situasi, dalam segala bidang,untuk memperoleh kepuasan hati,
Sedangkan secara sempit ialah, mencakup interaksi seseorang dengan orang lain dalam hubungan kerja , dalam organisasi, dan kerjasama.
Istilah human relation sudah lama di aplikasikan secara luas dalam interaksi manusia dalam segala bidang
Menurut keithdavis
Mengatakan bahwa ditinju dari sudut leader ship, atau kepemimpinan yang bertanggung jawab atas kelompok, human relation interaksi dari orang orang ke dalam suasanan kerja dengan motivasi secara produktif, kooperatif, dengan kepuasan di bidang segi ekonomi, segi psikologis dan sosial. Bila tujuan ini sudah tercapai, maka kan timbul apa yg di sebut
suceses full group eford.
Artinya kesuksesan atau keberhasilan kelompok.

9-MEI-2014
Dasar Dasar kelompok
A.    Kelompok kecil dan ekonomi
Kohesi
Ukuran kelompok
Power(kekuasaan)
B.     Pengaruh budaya dalam menetapkan kelompok
C.     Komunikasi efektif dalam tugas kelompok
Kelompok kecil adalah sekumpulan 3 orang atau lebih yang berinteraksi secara terus menerus atau continue, dan saling ketergantungan satu sama lain dan memiliki aturan-aturan untuk mencapai tujuan yang sama.
Kohesi adalah kadar keeratan setaiap anggota merasakan espirit de corp (semangat) dan identitas kelompok. Dalam kelompok kohesi setiap anggota merasakan dirinya suatu ikatan yang erat, dan merasakan satu tujuan. Pada gilirannya akan menghasilkan kepuasan kelompok, walaupun kohesi dalam keefektifan kelompok yang berarti setiap anggota kelompok terlalu dekat, mungkin terjadi kurang kritis terhadap gagasan orang lain sehingga timbul argumen untuk menghasilkan outcome yang terbaik sehingga kohesi dapat menimbulkan pertengkaran.
Ukuran kelompok adalah jumlah orang dalam suatu kelompok yang mempengaruhi kadar komunikasi. Dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang ada 5 yang melakukan hal yang sama, tetapi ada 5 orang yang melakukan hal yang tidak sama. Oleh karena itu jumlah orang yang lebih besar dalam kelompok lebih sedikit kontribusinya dalam setiap individu. Kesimpulannya,  bahwa 5 sampai 7 orang kelompok adalah ukuran yang lebih ideal untuk sebuah kelompok.
Power berkaitan dengan struktur kekuasaan yang merupakan ciri ketiga yang mempengaruhi partisipasi dana kelompok. Kekuasaan merupakan kemampuan unutuk mempengaruhi orang lain.

Pengaruh Budaya Dalam Kelompok
Setiap bentuk dalam kelompok kecil terdiri dari sistem sosial yang kebudayaannya lebih luas dan mempengaruhi bagaimana kelompok dirasakan setiap aggota berinteraksi
1.      Individualisme
2.      Assertivenees
3.      Exuity/ kesetaraan
Kemajuan dan perubahan
Resiko dan ketidak pastian
informalitas

16 Mei 2014
KOMUNIKASI INTER PERSONAL
Di bagi :
a.       Fungsi komunikasi
1.       Untuk mencapai pengertian satu sama lain
2.       Untuk membina kepercayaan
3.       Mengkoordinasi tindakan
4.       Planing strategi
5.       Melakukan pembagian pekerjaan
6.       Melakukan aktivitas kelompok
7.       Untuk berabagi rasa
b.      Keterampilan berkomunikasi
1.       Keterampilan mendengarkan
2.       Keterampilan bertingkah laku
3.       Keterampilan menyelesaikan konflik
4.       Keterampilan menyelesaikan masalah secara bersama
5.       Keterampilan membaca situasi
6.       Keterampilan melakukan persuasi ( interaksi antara pembicara dan pendengar ).
c.       Etika berkomunikasi
1.       Who = siapa yang di hadapi ?
2.       What = apa yang di bicarakan ?
3.       When = kapan di lakanakan / di bicarakan ?
4.       Where = dimana di bicarakan ?
5.       Why = mengapa di bicarakan ?
6.       How = bagai mana setelah di bicarakan, setelah melakukan pembicaraan..
d.      Hambatan dalam berkomunikasi
1.       Perbedaan  latar belakang
2.       Perbedaan Faktor  bahasa
3.       Siakp pada waktu berkomunikasi, hal itu sangatberperan antara lain :
a.       Mendengar hanya apa yang ingin kita dengar,
b.      Mengadakan penilaian terhadap komunikator,
c.       Sibuk untuk mempersiapkan jawaban
d.      Bukan pendengar yang baik
e.      Pengaruh faktor emosi
f.        Kurang percaya diri
g.       Gaya bicara dan nada suara
e.      Kiat berkomunikasi efektif
1.       Feed back
2.       Gunakan saluran inforasi sebanyak banyak nya
3.       Mengenai siapa yang penerima berita
4.       Gunaka komunikasi face to face (tatap muka)
5.       Melakukan kontak mata
6.       Menyadari dampak bahasa
7.       Gunakan bahasa yang mudah di mengerti
8.       Mengulangi sesuatu yang di anggap penting
9.       Menyadari serta peka terhada prasangka buruk
10.   Menjadi pendegar yang baik
11.   Menanggapi isi pembicaraan bukan pembicaranya
12.   Membahas bila terjadi perbedaan persepsi
13.   Memberikan pengutan dari kata -kata
14.   Memperhatikan jumlah informasi yang di berikan
15.   Sopan dan wajar
16.   Menghormati semua orang
17.   Berusaha untuk mengendalikan emosi
18.   Mengajukan pertanyaan dan minta tanggapan
19.   Percaya diri.



0 Response to "Bahan Ajar Komunikasi Pemerintahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel