Manajemen Pemerintahan Daerah
MANAJEMEN PEMERINTAHAN
JENIS MANAJEMEN
Manajemen bisnis (swasta)
·
Suasana pasar
·
Otonom
·
Modal
·
Keuntungan, mutu, dan relasi
·
Keringat, honor, dan hasil
·
Banyak jalan
Manajemen pemerintahan ( sipil )
- Suasana pengabdian
- Pelayanan
- Masyarakat
- Dialog yang tak terukur
- Korupsi,kolusi dan nepotisme
- Dua jalan
Manajemen pemerintahan ( militer )
§ Suasana wilayah
§ Kekuasaan
§ Komanadan
§ Kemenangan , Nasionlisme
§ Pangkat ,presrasi dan jasa
§ Satu jalan
1.
Pada manjemen bisnis swasta,perlu
sentuhan pasar yaitu bagai mana memper oleh keuntungan ekonomi maka perlu
mempelajari keberadaan pangsa pasar,_sedangkan pada manejemen pemrintahan yang
di butuhkan adalah pengabdian krena berhadapan dengan rasa kasih sayang
pemerintah pada rakyatnya kalo tidak demikian maka pemerintah yang mencari
keuntungan akan menjadi kapitalis dan menjual rakyatnya untuk kepentingan
pribadi._Sebaliknya pada manajemen militer di perlukan penguasaan
wilayah,karena akan berhadapn dengan musuh yang akan menggerogoti kewibawaan
negara.
2.
Dalam menejemen bisnis swasta di
perlukan kemandirian yang otonom tidak akan berkembang suatu perusahaan kalau
tidak di berikan kepada setiap bawahan , hak untuk mencari keunrtungan
sepanjang tidak merugikan perusahaan . Car berpikir adalah murni bisnis, dan
keuntungan dengan cara meminimalisir pengorbanan,_Sedangkn pada manajemen
pemerintahan sipil yang mutlak di perlukan adalah pelayanan yaitu: biaya yg
dikeluarkan masyarkat harus rendah,waktu pemerintah mengerjakan pelaynan harus
singkat serta mutu yang di berikan harus bagus._ Dan sebaliknya,Pada manajemen
militer yang di butuhkan adalah kekuasaan yang di peroleh lewat penampilan,
sehingga pada atasan di berikan tanda jabatan serta tongkat komando , keinginan
untuk protes di tiadakan karena nanti akan muncul keinginan untuk tawar menawar
menolak untuk perang.
3.
Manajemen bisnis swasta memerlukan
modal, apakah melalui pinjaman atau pun kepemilikan pribadi, sehingga pemegang
modal menjdi pemegang utama Saham. _Sedangkan pada manajemen pemerintahan
sipil, yang di butuh kan adalah keberadaan masyarakat banyak, yang harus di
perhatikan kebutuhannya karena mereka pemilik negara. _Sebaliknyaa pada
manajemen militier karena berhadapan dengan perluasan wilayah dn mempertahankan
tanah air maka komandan adalah segalanya, mereka harus satu kata dalam
memperjuangkan keberadaan wilayah negara.
4.
Pada manajemen bisnis swasta
sangat di perhitungkan keuntungan yang akan di peroleh harus sebesar-besarnya ,
oleh karena itu harus efisien dan efektif keberadaan relasi sangat di
jaga._Sedangkan pada manajemen pemerinrtahan sipil keberadaan pelayanan kepada
rakyat yg seluruh nya harus di sejahterakan maka sulit di ukur apa saja yang
harus di berikan para birokrasi selama 24 jam terus-menerus. Pemerintah dengan
rakyat nya harus berdialog,_ sebaliknya pada manajemen militer yang d utamakan
adalah kemenanganmaka itulah sebabnya yel-yel kenegaraan selalu di suarakan
untuk itu di perlukan lambang negara bendera negara, serta lagu kebangsaan yang
mengelorakan semangat perjuangan.
5.
Dalam manajemen bisnis swasta agar
tidak terjadi pemberontakan staf dan pekerja harus di hitung kelelahan dan
keringat karyawan, mereka harus di gaki sejauh mana kelelahan dan hasil
kerjanyasecara ekonomis. Sedangkan pada manajemen pemerintahan sering terjadi
korupsi, Kolusi, dan Nepotisme karena tidak siap untuk mengabdi, Korupsi adalah
pencurian uang negara, Kolusi adalah sogok menyogok, dan Nepotisme karena tidak
siap terlalu memperhatikan keluarga, dan group kesukuan serta almamater.
Sebaliknya pada manajemen militer yang no 1 di perhatikan adalah pangkat
Komandan harus lebih tinggi dari pangkat bawahan. pangkat di tentukan profesi
kedudukan untuk itu diperlukan tanda jawabatan dan tanda perjuangan jasanya.
6.
Pada manajemen bisnis swasta
banyak jalan yang bisa di tempuh untuk memperoleh keuntungan, sedangkan pada
manajemen pemerintahan hanya ada dua jalan yaitu : memperdulikan yang
memerintah dalam keadaan darurat atau memperdulikan yang di perintah secara
demokratis dalam keadaan biasa, sebaliknya pada manajemen militer hanya ada satu
jalan oleh karena itu komandan tidak dibantah karena tidak ada tawar menawar
ketika negarad hadapkan pada situasi genting dan ancanman bahaya.
Definisi Pemerintahan
Pemerintahan berasal dari kata perintah yang
setelah di tambah awalan pe- menjadi pemerintahan, dan ketikan di tambah
akhiran -an menjadi pemerintahan.
Dalam hal ini beda anatara pemerintah dengan
pemerintahan adalah karena pemerintah merupakan badan, atau organisasi yang
bersangkutan sedangkan pemerintahan berarti, perihal atau pun hal ikhwal
pemerintahan itu sendiri. Kata perintah itu sendiri paling sedikit ada 4
(empat) unsur di dalamnya:
- Ada dua pihak yang terlibat
- Yang pertama pihak yang memerintah di sebut penguasa atau pemerintah,
- Yang kedua adalah pihak yang di perintah
- Antara kedua pihak tersebut, terdapat hubungan.
Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain, dan kepemimpinan
adalah hak setiap orang. Pemimpin atau leader harus mampu menunjukan perfomanya
Kepemimpinan adalah kemampuan dan kepribadian seseorang dalam mempengaruhi
serta membujuk orang lain agar melakukan tindakan pencapaian tujuan bersama
sehingga dengan demikian yang bersangkutan menjadi awal struktur dan pusat
proses kelompok.
Dari seluruh definisi kepemimpinan ada 11 definisi yang di kemukakan oleh Rlaph M Stogabill ( 1974 ), diantaranya
sebagai berikut :
1.
Kepemimpinan
sebagai proses kelompok ,
2.
Kepemimpinan
sebagai kepribadian yang berakibat
3.
Kepemimpinan
sebagai Sebagai seni menciptakan kesepakatan.
4.
Kepemimpinan
sebagai Sebagai kemampuan mempengaruhi
5.
Kepemimpinan
sebagai tindakan prilaku
6.
Kepemimpinan
sebagai suatu bentuk rujukan
7.
Kepemimpinan
sebagai suatu hubungan kekuasaan
8.
Kepemimpinan
sebagai sarana pencapai tujuan
9.
Kepemimpinan
sebagai hasil interaksi
10.
Kepemimpinan
sebagai pemisahan peranan.
11.
Kepemimpinan
sebagai awal strutur
Ada beberapa
perbedaan antara kepemimpinan pemerintahan dengan kepemimpinan swasta.
Yaitu sebagai
berikut :
1.
Kepemimpinan
pemerintahan kurang sentuhan pasar, sedangkan kepemimpinan swasta tergantung
suasa pasar.
2.
Kepemimpinan
pemerintahan jalan nya di tentukan dan di awasi oleh para wakil rakyat dan DPR,
sedangkan kepemimpinan swasta otonom dan mandiri tergatung dengan dewan
komisaris dari percaturan dagangnya.
3.
Kepemimpinan
pemerintahan sangat kompleks dan sulit di ukur,sedangkan kepemimpinan swasta di
ukur dari efesiensi mutu dan relasi.
4.
Kepemimpinan
pemerintahan cenderung relatif lebih sulit menentukan insentif berdasarkan
performa/ kinerja yang ada dan mempersoalkan pengabdian untuk meningkatkan
kinerja pegawai yang malas, sedangkan swasta mudah melakukan pengkajian karena
berdasarkan tingkat kelelahan hasil kerja dan pengorbanan.
SISTEM PEMERINTAHAN DAERAH
Daerah adalah suatu kesatuan masyarakat hukum
yang menempati suatu wilayah yg di batasi oleh batas-batas tutorial tertentu.
Sistem adalah kumpulan dari sub ub sistem yang
saling berkaitan dan tidak bisa di pisahkan, dan menciptakan simbiosis
mutualisme ( saling menguntungkan )
Pemerintahan dalam arti sempit dan luas.
- Sempit : presiden, para mentri, beserta jajaran nya.
- Luas : eksekutif, legislatif, yudikatif
Fungsi DPR
·
Legislating
·
Controling
·
Budgeting
Davis, g. B (1991:45)
sistem adaah kumpulan dari elemen-elemen yang
beroperasi bersama sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.
Jogianto ( 2005: 2)
sistem
adalah kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan
tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan yang nyata,
seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Indrajit (2001: 2)
sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen
yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainya,.
Lani shidarta(1995: 9)
sistem adalah himpunan dari bagian bagian yang
saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan tertentu
PENGERTIAN PEMERINTAHAN
Syafie Inu Kencana
Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana melaksanakan
pengurusan (eksekutif), pengaturan (legislatif). Kepemimpinan dan koordinasi
pemerintahan (baik pusat dengan daerah maupun rakyat dengan pemerintahan nya)
dalam berbagai peristiwa dan gejala
pemerintahan secara baik dan benar.
C.F. Strong
Pemerintahan adalah suatu yang mempunyai kewenangan atau kekeuasaan
untuk memelihara kedamaian dan keamanan negara, kedalam dan keluar.
PENGERTIAN DAERAH
- Menurut UU No 32 tahun 2004
- DAERAH adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan NKRI.
KEPALA DAERAH DAN WAKIL
·
Kepala Daerah dan Wakil kepala
daerah dipilih langsung oleh masyarakat.
·
Kepala daerah dan wakil kepala
daerah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka
pembengunan kehidupan demokrasi, keadilan, pemerataan, kesejahteraan masyarakat
memmelihara hubungan yang serasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta
antar daerah untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejalan
dengan itu diperlukan figur Kepala Daerah yang mampu mengembangkan inovasi,
berwawasan kedepan dan harus siap melakukan perubahan kearah yang lebih baik.
ORGAN PEMERINTAHAN DAERAH
- Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,
- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,
- PERANGKAT DAERAH meliputi:
- Sekretariat daerah
- Sekretariat DPRD
- Dinas Daerah
- Lembaga Teknis Daerah
Sekretariat DPRD
Sekretariat DPRD membantu DPRD
Dewan Perwakilan Daerah
Lembaga tertinggi dalam sistem ketatanegaraaa
indonesia yang merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat, DPR terdiri atas anggota
partai politik, peserta pemilihan umum yang di pilih melalui pemilihan umum.
Jumlah anggota DPR di indonesia adalah 560. Masa jabatan setiap anggota DPR
adalah 5 tahun. DPR mempunyai fungsi legislasi,dan pengawasan yang di jalankan
dalam kerangka representasi rakyat.
Legislasi
Fungsi legislasi
dilakukan sebagai perwujudan DPR selaku pemegang kekuasaan membentuk uu
Anggaran
Fungsi anggaran
dilakukan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memnberikan
persetujuian terhadap rancangan undang tentang APBN yang di ajukan oleh
presiden.
Pengawasan
Fungsi pengawasan
di lakukan melalui pengawasan atas pelaksanaan UU dan APBN
DPR mempunyai
beberapa hak yaitu : hak interpelasi, hak angket, hak imunitas, dan hak
menyatakan pendapat.
Hak
interplasi adalah hak DPR untuk meminta ketarangan
kepada pemerintah mengfenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis
serta berdampak luas pada kehidupan masyarakat, bangsa dan bernegara.
Hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksaan ssuatu
UU dan atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis
dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yang
di duga bertentangan dengan peraturan perundang undangan.
Hak imunitas adalah kekebalan hukum dimana setiap anggota DPR tidak dapat di tuntut
di hadapan dan di luar pengadilan karena pernyataan, pernyataan atau pendapat
yang di kemukakan secara lisan ataupun tertulis dalam rapat-rapat DPR sepanjang
tidak bertentangan dengan peruturan tata tertib dan kode etik.
Hak
menyatakan pendapat Adalah hak DPR untuk
menyatakan pendapat atas, kebijakan pemerintah atau mengenai kejadian luar
biasa yang terjadi di tanah air atau di dunia internasional.
LAHIRNYA PEMERINTAH DAERAH
Konsekuensi adanya teorti pembagian kekuasaan.
- Pembagian kekuasaan secara horizontal
- Eksekutif
- Legislatif
- Yudikatif
- Pembagian kekuasaan secara vertikal
- Satuan pemerintah
- pusat Satuan pemerintah daerah
Alasan pembagian kekuasaan secara vertikal
- Kemampuan pemerintah berikut perangkatnya ada di dareah terbatas
- Wilayah negara sangat luas, terdiri lebih dari 300 pulau-pulau besar dan keci;
- Pemerintah tidak mungkin mengetahui seluruh dan segala macam kepentingan dan kebutuhan rakayat yang tersebar di seluruh pelosok negara,
- Hanya rakayat setempatlah yang mengetahui kebutuhan kepentingan dan masalah yang di hadapi dan hanya mereka yang mengetahui bagai mana cara yang sebaik2 nya unutk memenuhi kebutuhan tersebut,
- Dilihat dari segi hukum UUD 1945 pasal 18 menjamin adanya daerah dan wilayah.
AZAZ PENYELENGGARAAN PEMERINTAH
- Azaz desebtralisasi
- Azaz Dekosentrasi
- Azaz Tugas pembantuan (medebewind)
- Azaz Kebijaksanaan (vrijsbestuur)
DESENTRALISASI
- Secara etimologis »» berasal dari bahasa latin »» berarti de= lepas dan centrum = pusat »»melepaskan dari pusat
- Sudut ketatanegaraan pelimpahan kekuasaan pemerintahan dari pusat kepada daerah-daerah yang mengurus rumah tangga nya sendiri,
- The trasnfer of planing, decission making, or administrative authority from the central goverment to its organization local administrative units,....
0 Response to "Manajemen Pemerintahan Daerah"
Post a Comment